Pages

Friday, April 22, 2016

Mengenal Budaya Tradisional di Saung Angklung Udjo


Mengenal Budaya Tradisional di Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Ujo adalah kawasan wisata di bandung. Disini gue bisa belajar banyak hal tentang seni dan budaya dari jawa barat. Saung Angklung Udjo merupakan sebuah tempat pertunjukan dan pusat kerajinan tangan yang terbuat dari bambu. Para wisatawan dari luar negeri yang berkunjung kesini akan dimanjakan dengan berbagai macam kesenian sunda.
Saat pertama kali tiba di Saung Angklung Udjo, gue langsung merasakan rasa tradisional dari Saung Angklung Udjo ini salah satunya adalah bambu-bambu yang  menghiasi lokasi ini. Gue kemudian memasuki  area pertunjukan karena sebentar lagi pertunjukan pertama akan segera dimulai. Setelah menunggu beberapa menit, pertunjukan pun dimulai. Pertunjukan pertama adalah demontrasi wayang golek lalu dilanjutkan dengan upacara heleran yaitu upacara khinatan, dalam upacara ini musik-musik tradisional beralun dengan merdu dan anak-anak bersuka ria kemudian pertunjukan di lanjutkan dengan pertunjukan angklung sambil bernyanyi lagu daerah dari Aceh hingga Papua. Dilanjutkan  dengan  pemain  modern  yang  menggabungkan alat musik modern  seperti  drum,bass,dan  gitar  dengan  alat  musik  tradisional  yang  menyanyikan lagu-lagu nasional dan modern.
Setelah pertunjukan tersebut, pengunjung di berikan angklung dengan berbagai macam nada yang setiap pengunjungnya berbeda -beda dari do hingga do tinggi. Setelah angklung dibagikan, pembawa acara memebrikan sedikit cara memainkan angklung dan memberikan kode-kode setiap nada. Setelah itu,  pengunjung diajak untuk memainkan angkung sesuai dengan arahan pembawa acara dengan iringan alat msuik modern dn tradisional memainkan lagu modern.
Yang paling membuat terkesan yaitu wisatawan akan diajak untuk menari dengan penari anak-anak yang tampil disana. Suasana seperti inilah yang membuat para wisatawan yang pernah berkunjung kemari ingin kembali lagi untuk merasakan suasana khas sunda
Di Saung Angklung Udjo , gue menikmati  hiburan kesenian khas sunda dan juga kebersamaan yang gue nikmati bersama Murid- murid dari luar sekolah  dari Saung  Angklung Udjo Untuk bisa belajar  Alat Musik Kesenian  Jawa Barat .

No comments:

Post a Comment