#TRIP : OSTARNAS 2015 di Surabaya


Sesuai yang dijanjikan, hari ini saya akan menceritakan kegiatan Olimpiade Sains Tarakanita Nasional (OSTARNAS) di Surabaya.

Sebelumnya, saya akan menjelaskan apa itu OSTARNAS. Sesuai namanya, OSTARNAS adalah Olimpade Sains untuk siswa-siswi dan guru Tarakanita yang ada di seluruh Indonesiayang diadakan 2 tahun sekali . Jadi pesertanya dari 7 wilayah yaitu Tangerang, Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Surabaya, Lahat, Bengkulu. OSTARNAS ini sudah berlangsung sebanyak 2 kali yang pertama di Tangerang dan yang kedua di Surabaya ini. Mata pelajaran yang dilombakan antara lain Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Biologi, Fisika, Kimia), TIK dan cipta media pembelajaran bagi guru. Untuk bisa sampai ke tingkat nasional ini perlu seleksi dari tingkat sekolah kemudian lanjut ke tingkat wilayah atau pra-OSTARNAS baru bisa sampai ke OSTARNAS. Tahun ini saya ikut cabang TIK.

Day 1: Perjalanan menuju Surabaya

Jam 5 pagi saya sudah bangun untuk persiapan ke Surabaya karena jam 6 harus sudah ada di tempat kumpul dan langsung berangkat. Jam 6, saya sudah dilokasi namun belum kumpul semua jadi waktunya molor hingga 30 menit. Jam 6.30, saya berangkat menuju ke stasiun Gambir.

Sesampainya di Gambir, saya langsung bertemu dengan teman-teman dari citra raya. Sebelum masuk ke Gambir, saya diberikan tiket kereta dan juga saya membeli Starbucks untuk menemani saya sambil latihan di kereta nanti.

Jam 9.30, kereta berangkat menuju Surabaya. Saya menggunakan kereta argo anggrek pagi kelas eksekutif. Selama perjalanan saya latihan untuk OSTARNAS nanti sambil ditemani Starbucks.

Jam 7.30 saya tiba di Surabaya, langsung dijemput oleh panitia menuju ke kompleks Santo Carolus Surabaya, tempat diadakannya OSTARNAS ke 2 ini. Sesampainya disana saya disambut oleh osis dan guru dan langsung diantarkan menuju ke ruang makan. Setelah makan saya diantarkan ke tempat istirahat dan saya langsung latihan sampai jam 2 pagi

Day 2: Opening dan proses lomba

Saya bangun jam 5 pagi untuk mandi dan latihan sebentar. Kemudan jam 7 pagi saya makan pagi setelah itu berkumpul satu wilayah untuk melakukan foto bersama 1 wilayah. Setelah itu dilakukan prosesi pembukaan kegiatan OSTARNAS ke 2. Setelah melewati proses pembukaan yang cukup lama, dimulainya proses lomba. Waktu pembuatan blog sekitar 2 jam, namun langsung dihadapkan dengan masalah internet yang lama. Akhirnya setelah 2 jam yang menegangkan, proses pembuatan blog selesai dan di lanjutkan oleh istirahat hingga malam.

Day 3: Presentasi, pentas seni dan pengumuman lomba


Yup ini hari yang meneggangkan, saya bangun jam 5 untuk latihan dan mandi kemudian makan pagi. Jam 8 pagi, dimulailah proses presentasi. Disaat saya berharap untuk maju duluan, ternyata takdir berkata saya harus maju ke nomor 12. Setelah menunggu waktyu yang cukup lama, saya maju kedepan untuk presentasi. dan disaat presentasi saya tiba-tiba lupa apa bahan yang saya ingin presentasikan sehingga presentasi agak tidak lancar. Setelah melewati proses presentasi, saya istirahat sebentar. Sorenya, saya bersama teman-teman dari Tangerang persiapan untuk maju pentas seni karena Tangerang maju yang pertama. Tibalah waktunya pentas seni, awalnya lancar hingga tiba-tiba saya mimisan. Saya langsung di beri penanganan kemudian pentas seni dilanjutkan. Setelah pentas seni untuk Wilayah Tangerang selesai dan mimisan saya selesai. Saya keluar untuk membuang bekas mimisan dan bertemu dengan saudara saya yang ada di Surabaya. Pas saat saya kembali ke tempat duduk, sedang berlangsung pengumuman lomba TIK dan saya menjadi juara 3, yeay! setelah itu ada pentas seni kembali dan pengumuman lomba lainnya hingga jam 9 malam. Setelah jam 9 malam, ada acar malam inagurasi. Setelah itu, saya istirahat karena besok harus bangun pagi.

Day 4: Outing dan kembali ke Tangerang


Hari terakhir di Surabaya, saya bersama peserta OSTARNAS lainnya melakukan kegiatan outing ke museum tubuh Bagong yang ada di Batu. Di Bagong, saya diajarin bagian dan dalam tubuh manusia dan kerreeeennn banget. selama 3 jam disana saya kembali ke Surabaya. Setelah sampai, saya berkemas-kemas dan foto bersema dengan teman-teman dari wilayah Tangerang. Malamnya, saya kembali ke ke Jakarta menggunakan Argo Anggrek Malam. Selama diperjalanan saya tidur karena kelelahan.

Day 5: Sampai di Tangerang


Hari Jumat pagi jam 5, Saya sampai di Stasiun Gambir. Saya berpisah dengan teman saya dari Citra Raya di Stasiun Gambir. Kemudian kembali ke Gading Serpong, perjalan lancar sekali sehingga tiba jam 6.15. Setelah itu saya pulan dan tidur hingga jam 2 siang

Setelah beberapa hari yang melelahkan akhirnya melewati OSTARNAS dengan hasil yang memuaskan. Saya juga berterima kasih kepada pembimbing hingga teman-teman seperjuangan yang selalu menemani saya sepanjang OSTAR dan OSTARNAS... Selanjutnya?? Siap-siap ulangan dan tugas yang menumpuk..

q

Halo! Selamat datang di blog saya!

No comments:

Post a Comment