Windows 10 Review!



Sesuai janji saya, Hari ini saya akan mereview Windows 10 yang ' Masih hangat ' atau baru diluncurkan 29 July kemarin..

Sebelum saya mereview, saya sedikit menceritakan bagaimana saya install Windows 10. Sebenarnya ada 2 cara agar bisa mengupgrade komputer secara gratis. Cara pertama, menggunakan Windows Update, Jadi kalian tinggal menunggu saja notifikasi yang ada di taskbar dan akhirnya kalian dapat mendownload dari Windows Update, Namun kalian harus mengantri sampai update tersedia. Cara kedua, menggunakan Media Creation Tool atau download iso (bisa di download di sini), Jadi kalian harus mendownload iso melewati aplikasi yang sudah disediakan dan harus menyiapkan flashdisk atau space untuk menyimpan isonya. Namun, Jika ingin menginstall Windows 10 kalau pengguna Windows bajakan, Kalian harus meng-input product key. Tapi kalau kalian pengguna Windows asli, Kalian dapat melanjutkan instalasi dengan lancar.

Karena saya tipe yang ngak sabaran, jadi saya menggunakan cara yang kedua. Setelah melewati proses download dan install resmilah saya menjadi pengguna Windows 10 hahaha

Oke balik ke review,

Performance

Dari sisi performa menurut saya, Windows 10 jauh lebih cepat dibanding pendahulunya. Dari sisi booting, Logging in dan lainnya masih lancar tanpa adanya masalah lag.

Design




Dari sisi desain, Saya ancungi jempol untuk Microsoft. Karena menyatukan unsur modern yang ada di Windows 8 dan unsur tradisional yang ada di Windows 7.  Yang bikin bahagia adalah kembalinya Start button! secara fungsi dan desain hampir sama, tapi yang beda adalah kotak-kotak gaya khas Windows 8 yang ada di kolom ke 2. Namun disini pengguna juga harus terbiasa dengan posisi all apps, Power, Settings, dan File Explorer karena berbeda dengan Windows 7. Saya juga sering salah untuk mematikan komputer dan malah menekan tombol settings. Tapi dari sisi desain saya sudah puas dengan Windows 10

Fitur

Sekarang kita lihat ke fitur, Windows 10 menawarkan fitur fitur yang baru diantaranya:

Cortana


Yup! Cortana kini hadir di Windows 10! Cortana adalah virtual assistant seperti Siri atau Google Now. Cortana di Windows 10 dapat membuat alarm, memutar lagu, membuat jadwal, mengirim email dan masih banyak lagi! Dan juga kalian juga bisa meminta Cortana untuk menyanyikan sebuah lagu tinggal kalian katakan " Sing a Song" dan Cortana akan menyanyikan lagu untuk kalian!

Namun, Cortana masih belum bisa untuk membuka aplikasi. Cortana menyatu dengan search jadi kalau kalian ingin mencari aplikasi kalian bisa mengetiknya di search bar.. Oh iya, agar bisa menggunakan fitur Cortana, Kalin harus menggunakan region US yah karena Cortana belum tersedia untuk region Indonesia

Windows Store


Sebenarnya fitur ini sudah ada sejak Windows 8, Namun Windows Store di Windows 10 mengalamai perubahan desain yang besar sehingga tampilannya lebih minimalis.

Settings


Settings seperti Control panel namun lebih sederhana desainnya pun mengalami perubahan menjadi lebih simple dan minimalis sehingga enak di pandang.

Mail


Mail di Windows 10 juga mengalami perubahan dengan desain yang lebih modern. dan menurut saya lebih lancar deibanding Mail yang ada di Windows 8. Mail di Windows 10 juga terintergrasi dengan Cortana jadi jika kalian ingin menulis email dapat melalui Cortana

Microsoft Edge


Microsoft Edge adalah Browser pengganti IE dan perbedaannya memang sangat jauh dibanding IE. Dari sisi desain, Edge memiliki desain yang simple dan minimalis. Dari sisi performa, Browsing di Edge lebih cepat dibanding IE saya bisa browsing dengan lancar tanpa lag seperti di IE. Dari fitur juga, Edge juga mengalami banyak perubahan fitur diantara lain Web note, Reading list dan tentunya Cortana!

Tapi menurut saya masih ada bug di Edge seperti sound tidak keluar.



Action Center


Action center adalah fitur baru yang ada di Windows 10. Fungsinya menampilkan notifikasi dan sekaligus tempat mangatur tools (seperti di Android).

Task View


Task view juga merupakan fitur baru yang ada di Windows 10. Fungsinya menampilkan aplikasi yang sedang dibuka dan juga untuk menambah desktop baru (Seperti di Mac OS) dan juga Task view di Windows 10 bisa membuka lebih dari 4 aplikasi dalam satu desktop jadi sangat multi-tasking :)

Fitur lainnya

Sebenarnya masih banyak fitur yang belum disebutkan seperti tablet mode, XBOX Games, Screen Recording dan masih banyak lagi!

Kesimpulan

Kesimpulannya, Windows 10 sangat WORTHED di gunakan selain fiturnya banyak juga desain yang beda dari yang lain.  Apalagi untuk Cortana dan Microsoft Edge yang menurut saya sangat berguna. Wlaupun masih ada beberapa bug, namun suatu saat bug tersebut pasti akan diperbaiki ole Microsoft!

q

Halo! Selamat datang di blog saya!

No comments:

Post a Comment